Desa Sundamekar di Cisitu Tak Lagi Sulit Air Bersih


Baca juga : Desa Sundamekar di Cisitu Tak Lagi Sulit Air Bersih


SUMEDANGKAB.GO.ID, CISITU - Warga Dusun Cimacan, Desa Sundamekar, Kecamatan Cisitu tak akan lagi kesulitan mendapatkan air bersih. Sekalipun musim kemarau yang saat ini masih saja berlangsung, namun air bersih sudah melimpah di desa ini.

Ini karena di desa ini sudah dibangun pengadaan air bersih dan juga sudah diresmikan penggunaannya. Pembangunan sarana air bersih merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Program Keserasian.

Dituturkan Sekretaris Desa Sundamekar, Rohendi, sebelumnya setiap musim kemarau setidaknya ada 17 rumah atau 20 KK di RT 02/RW 07 yang kesulitan air bersih dan dilanda kekeringan. Tidak ada sumur di daerah ini karena sulit mendapatkan pasokan air dalam tanah akibat banyak kandungan batu.

"Sebelumnya ada belasan rumah yang kekeringan dan tak punya air bersih sama sekali,” kata Rohendi, Senin Disini tidak ada sumur, karena di dalam tanahnya banyak kandungan batu, kalau kemarau kami selalu mengandalkan air dari anak sungai yang ada di wilayah tersebut,"kata Rohendi, Senin (25/11/2019).

Realisasi pengadaan air bersih ini bersumber dari salah satu mata air sungai Cimacan yang debit airnya bisa mencukupi untuk semua warga di lingkungan dusun itu.

Sementara Camat Cisitu, Arry Kusnadi, SAP menyebutkan Desa Sundamekar memang beruntung mendapatkan bantuan dari pusat. Hanya ada dua desa yang dapat bantuan tersebut di Sumedang ini. Selanjutnya Arry berharap warga menjaga pipanisasinya agar manfaatnya bisa lebih lama. Untuk teknis biaya perawatan pipanisasi tersebut diharapkan ada kebersamaan dari warga.***(nsa)


air bersih, cisitu, sundamekar

Berita Terkait