Desa  Sundamekar Kembangkan UMKM


Baca juga : Produk Unggulan se-Kecamatan Situraja ada di Kedai PAS
Desa Sundamekar di Cisitu Tak Lagi Sulit Air Bersih


SUMEDANGKAB.GO.ID, CISITU - Pemerintah Desa Sundamekar Kecamatan Cisitu terus berupaya mengembangkan UMKM yang ada di desanya. Salah satu UMKM yang ada di Desa Sundamekar yakni pembuatan keripik pisang dan keripik singkong.

"Saat ini sudah ada 20 orang anggota kelompok pembuat keripik pisang dan keripik singkong di Dusun Cimara," kata Sekretaris Desa Sundamekar, Rohendi, Rabu (4/3/2020).

Salah satu upayanya adalah dengan memberikan bantuan berupa peralatan mesin serut singkong, dan mesin giling tepung. Bantuan mesin dianggarkan dari Dana Desa. Sebelumnya, Pemerintah Desa Sundamekar juga mengadakan pemberdayaan dan pelatihan UMKM.

Dijelaskan, keripik buatan kelompok tersebut memiliki cita rasa yang renyah. Adapun aneka rasa yang dihasilkan diantaranya rasa manis, asin, pedas, dan original. Saat ini, pemasaran produk tersebut masih secara konvensional. Soal rasa? Produk ini berani bersaing dengan produk yang ada di ritel-ritel modern. "Kami belum bisa masuk ke pasar-pasar modern karena berbagai kendala. Saat ini pemasarannya masih konvensional. Padahal kalau dari segi rasa sudah enak," kata Rohendi. ***(agn)


UMKM, sundamekar, cisitu

Berita Terkait