Di Sumedang, Akan dibangun 2 Unit Pertashop


Baca juga : Pertamina Permudah Warga Pedesaan Penuhi Kebutuhan BBM


SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Pertamina direncanakan akan membangun 2 unit Pertashop,yaitu di Tarikolot, Kecamatan Jatinunggal dan di Cikoneng, Kecamatan Ganeas.

 "Pertashop di Tarikolot ini sebagai pilot project mudah-mudahan bisa memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan energi. Selain itu, juga bisa mengembangkan ekonomi warga," kata Sales Area Manager Ritel Bandung, Sylvia Grace Yuvenna, Rabu (8/7/2020).

Kades Tarikolot, Kecamatan Jatinunggal, Andar mengatakan, kemitraan antara Pertamina dan desa akan menjadi pemicu bagi peningkatan ekonomi. Salah satunya nanti menggerakkan unit usaha Bumdes.

"Kami serahkan nanti bagaimana nanti komitmen tata kelolanya," kata Grace.

Ia juga menyatakan, adanya Pertashop membantu warga mengatasi kebutuhan BBM karena biasanya warga harus datang ke SPBU di Wado dengan jarak sekitar 5 Km.

Pertashop merupakan lembaga sub-penyalur. Pertashop serupa dengan penjual eceran. Namun bedanya, Pertashop didesain sesuai standar keselamatan SPBU Pertamina dan secara takaran lebih akurat dibandingkan Pertamini. Pertashop sendiri memiliki tiga jenis kategori yakni Gold, Platinum, dan Diamond. Dengan nilai investasi sampai 300juta.Peminat kerjasama ini bisa menyiapkan lahan/lokasi yang sesuai dilengkapi dokumen badan usaha atau badan hukum, nanti akan dilakukan survei lapangan untuk melihat kelayakan dari omzet dan jarak dengan SPBU atau lembaga penyalur Pertamina yang telah dibangun sebelumnya. Setelah itu, pengurusan administrasi perizinan ke pemda dan selanjutnya dapat mengajukan desain dan pembangunan dan tahap akhir adalah kontrak kerja sama dengan Pertamina antara 10-20 tahun.*** (nsa)


pertashop

Berita Terkait