Penulis : Deddi Rustandi | Editor : Deddi Rustandi 

TANJUNGMEDAR - Infrastruktur jalan di kawasan Sumedang bagian utara Sumedang menjadi perhatian Pemkab Sumedang. Setiap tahun ruas jalan di Kecamatan Tanjungmedar, Surian dan Buahdua terus diperbaiki secara bertahap.

Menurut Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman, tahun 2024 ini untuk infrastuktur jalan di Kecamatan Tanjungmedar dialokasikan anggaran Rp  1,45 miliar lebih. “Tahun ini sudah dialokasikan Rp 1,45 miliar lebih di APBD 2024 untuk perbaikan jalan di Tanjungmedar. Tahun 2023 lalu juga, jalan di Kecamatan Tanjungmedar sudah diperbaiki di beberapa ruas. Perbaikan jalan dilakukan secara bertahap,” kata Pj Bupati Herman saat meninjau kondisi ruas Jalan Pasirhuni-Jingkang di Kecamatan Tanjungmedar, Sabtu 30/3/2024).

Ia mengatakan, Jalan Pasirhuni-Jingkang yang panjangnya 7,2 km pada tahun 2023 sudah ditangani sebagian dengan anggaran Rp 400 juta. Kemudian ruas Jingkang-Cisumur yang panjangnya 9,2 km juga diperbaiki yang rusaknya di tahun 2023 dengan anggaran Rp 700 juta. Jalan Cikaramas-Jingkang juga diperbaiki tahun 2023 dengan anggaran Rp 400 juta. “Untuk ruas Pasirhuni-Jingkang akan diperbaiki juga di tahun 2024 yang sumber anggarannya dari perubahan APBD 2024,” kata Herman.

Pj. Bupati Herman mengatakan, masyarakat untuk tetap menunggu tahapan yang telah direncanakan oleh Pemda Kabupaten Sumedang.  “Perbaikan jalan dilakukan secara bertahap mengingat panjang jalan kabupaten yang menjadi kewenangan Pemkab Sumedang panjanganya mencapai 774 km lebih,” katanya.

Untuk tahun 2024 ini, jalan di Kecamatan Tanjungmedar yang diperbaiki,  Ruas Jalan Cikaramas-Jingkang dengan anggaran Rp  555,84 juta. Rehabilitasi Ruas Jalan Jingkang-Cisumur dengan anggaran Rp  710,64 juta. Rehabilitasi drainase ruas jalan Cisumur-Jingkang  Rp  93,69 juta dan penanganan TPT Ruas Jalan Cikaramas-Jingkang Segmen Panyingkiran Rp 92,34 juta.

Menurut Pj Bupati Herman, dari panjang jalan  kabupaten 774 km di Sumedang, sepanjang 682 km sudah diperbaiki diapal maupun rigid beton. “Jalan yang sudah diperbaiki sampai saat ini mencapai  88.24 %. Jadi jalan yang belum diperbaiki dalam kondisi rusak tinggal 92 km lagi salah satunya jalur Pasirhun-Jingkang Tanjungmedar," kata Herman usai menjenguk keluarga korban kecelakaan di i Dusun Cicae, Desa Jingkang, Kecamatan Tanjungmedar.

Pj Bupati Herman menyampaikan duka cita kepada keluarga korban kecelakaan yang terjatuh  di jalan yang menurun di ruas Jalan Jingkang-Sukatani. “Kami menyampaikan duka cita serta pemerintah membantu pengobatan korban yang mengalami luka,” katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)