GEDUNG NEGARA  – Berkaitan dengan terjadinya lonjakan ODP yang terjadi di Kabupaten Sumedang. Bupati Dony Ahmad Mudir imbau warga Kabupaten Sumedang agar tidak bepergian dulu. “Terlebih ke daerah endemik Covid-19,” kata bupati, Kamis (26/3/2020).

Bupati juga mengimbau kepada warga Kabupaten Sumedang yang bermata pencaharian di luar Kabupaten Sumedang seperti Jakarta dan sekitarnya agar jangan mudik dulu ke Sumedang. “Dimohon jangan mudik dulu ke Sumedang karena sumber pandemik di Indonesia itu mayoritas ada di Jakarta,” katanya.

Menurutnya, apabila ada warga yang memaksa mudik sebelum dilaksanakan rapid tes, maka akan berpotensi sebagai ODP.  Lonjakan ODP Berisiko terjadi karena teridentifikasi adanya warga di beberapa kecamatan, yang paling banyak Kecamatan Cisarua,  Cibugel, Jatinunggal, Ujungjaya,  Tomo,  Paseh yang bermata pencaharian di Jakarta atau luar kota pulang kampung.  Saat ini warga masyarakat dimaksud agar melakukan pemantauan secara mandiri dan membatasi interaksi sosial untuk jangka waktu 14 hari ke depan. Apabila ada keluhan  demam, batuk, sakit tenggorokan agar berkunjung ke fasilitas kesehatan terdekat.  (vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)