SUMEDANG - Pemkab Sumedang menjamin ketersediaan pupuk dengan harga terbaik bagi para petani di Sumedang. Hal itu setelah adanya teken kontrak MoU antara Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang dengan PT Petrokimia Gresik khususnya petani Ubi Cilembu saat panen Raya Demplot Ubi Cilembu yang dihadiri Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, Pada Selasa, (30/5/2023) bertempat di Sentra perkebunan Ubi Cilembu Dusun Cilembu Desa Cilembu, kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. Jawa barat.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Erwan mengatakan Ketersediaan pupuk harga terbaik untuk para petani di Sumedang dipastikan aman. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang melalui Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang melakukan kerja sama dengan PT. Petrokimia Gresik.

“Ya hari ini kami melaksanakan panen raya Demplot Ubi Cilembu di Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Sumedang, atas kerjasama Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang dengan PT Petrokimia Gresik khususnya petani Ubi Cilembu. Saya berharap kedepan tidak hanya kegiatan seremonial ini, tapi terus berkelanjutan,” Ujarnya.

Menurut Erwan pemerintah Kabupaten Sumedang akan segera menindaklanjuti untuk bekerjasama MOU dengan PT Petrokimia untuk menjamin ketersediaan pupuk dan keterjangkauan harga para petani, khususnya di Cilembu di Desa Cilembu.

“Kedepannya bagi para petani saya tadi sudah tekankan dengan PT Petrokimia supaya meneliti pupuk apa yang lebih cocok buat diberikan kepada para petani Ubi Cilembu ini. Sehingga hasilnya nanti lebih meningkat lagi, karena sekarang permintaan Ubi Cilembu ini sangat meningkat,” katanya.

Sehingga, kata Erwan, ketersediaan Ubi pun harus dipenuhi dengan cara meningkatkan produksi panen hasil pertanian.

"Tidak hanya komoditas Ubi Cilembu tetapi jenis Pertanian lainnya di Sumedang harus meningkat." Pungkasnya.(diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)