CIMALAKA - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang menggelar pertemuan yang melibatkan lintas sektor terkait upaya penanggulangan anemia pada remaja putri Selasa (26/1/2021) bertempat hotel Hanjuang Hegar Cimalaka.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati H Dony Ahmad Munir juga dalam upaya mengimplementasikan dan memonitor Program Suplemen Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja puteri. Sebagai narasumber Sekda Herman Suryatman, KCD Wilayah VIII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Hj. Otin Martini, Kepala Dinas Kesehatan Dadang Sulaeman, dan Kepala Dinas Pendidikan Agus Wahidin. Peserta kegiatan kurang lebih 90 orang mulai dari SKPD terkait, Kepala Sekolah SMP/SMA/SMK/MTs/MAN, Kepala Puskesmas, dan Organisasi Kesehatan yang mengikuti secara online. 

Bupati H Dony Ahmad Munir menyambut baik pertemuan lintas sektor tersebut karena dari data hasil survei, banyak sekali remaja puteri di Sumedang yang mengalami Anemia. "Karena dari kekurangan sel darah merah ini akan berdampak kepada dirinya dan pertumbuhannya. Juga ke depannya ketika ingin mempunyai keturunan," katanya.

Bupati berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat menyadarkan diri akan pentingnya meminum Tablet Tambah Darah.  "Tablet Tambah Darah ini menjaga diri supaya tetap kuat, tetap semangat dan memberikan optimisme di masa depannya," jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini  hendaknya dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga berdampak signifikan terhadap penurunan penderita anemia di kalangan remaja puteri. "Harus ada rencana aksinya, ada monitoring evaluasinya dan ada indikator keberhasilan yang dicapai yaitu berkurangnya remaja puteri yang mengalami Anemia," tandasnya. [edk]

(penerbit: sumedangkab.go.id)