Dinkes Jelaskan Empat Penyebab PTM


Baca juga : Dua Tugas Yang Sama Beratnya Bagi Dinkes
Dinkes Jelaskan Empat Penyebab PTM


SUMEDANGKAB.GO.ID, DINKES – Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang menjelaskan ada empat penyebab atau faktor yang memicu timbulnya Penyakit Tidak Menular. Empat faktor tersebut adalah sebanyak 93 persen penduduk usia di atas 10 tahun kurang mengonsumsi buah dan sayur. Faktor ke dua adalah 26 persen penduduk kurang aktivitas fisik. Faktor ke tiga adalah 36 persen penduduk usia 35 tahun ke atas adalah perokok dan sebanyak 10 persennya adalah perempuan. Faktor ke empat adalah 8 persen penduduk diatas 30 tahun merupakan pengonsumsi alkohol.

“Dari empat faktor ini tinggal kita cermati kira-kira kita beresiko di faktor yang mana, maka dari itu segera perbaiki dan hapuskan faktor tersebut agar kita terhindari dari PTM,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Reny Kurnaiwati Anton, Kamis (31/10/2019).

Dr. Reny menjelaskan ada baiknya pula kita terhindari semua faktor tersebut, yaitu kita rajin berolahraga, makan sayur dan buah, tidak merokok dan tidak mengonsumsi alkohol. Keempat faktor ini jika dihidari akan terhindar dari PTM seperti diabetes, hipertensi, dan gagal ginjal.

Dinkes juga sedang berupaya untuk menyosialisasikan faktor penyebab PTM agar masyarakat terhidar dari semuanya sehingga badannya sehat.

Sata ini, hipertensi menduduki kasus tertinggi PTM. Prevalensi hipertensi bahkan sudha ada di usia 15 tahun. Hipertensi adalah penyakit pembuluh darah yang akan terus memburuk jika tak segera ditangani.***(vrs)


PTM, Dinkes

Berita Terkait