Dinkes Siagakan Posko Kesehatan di Kawasan Bencana Banjir


Baca juga : Dinkes Siagakan Posko Kesehatan di Kawasan Bencana Banjir
Pemkab Antisipasi Penyebaran Penyakit Pascabanjir


DINKES -  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang langsung bergerak cepat dalam upaya penanganan pascabanjir yang menyerang wilayah Kabupaten Sumedang dengan mendirikan posko-posko kesehatan.

Menurut Kepala Dinkes Dadang Sulaeman, pembentukan posko kesehatan di wilayah banjir dengan melibatkan Puskemas Jatinangor, Cisempur dan Cimanggung. "Untuk korban banjir ini kami optimalisasi pelayanan pada masyarakat dengan membuat posko kesehatan," terang Dadang Sulaeman, Minggu (1/3/2020).

Pembentukam posko kesehatan ini tidak hanya dilakukan di tiga puskesmas saja sebagai posko induk, namun dilakukan juga di tiap desa (di poskesdes/polindes). Dinkes juga melakukan mobilisasi di daerah sasaran dengan melibatkan petugas kesehatan yang turun langsung ke lokasi. "Saat ada keluhan dari masyarakat korban banjir kami langsung tangani," kata Dadang.

Sejauh ini semua permasalahan masih bisa diatasi terutama masalah pada kelompok resiko tinggi seperti ibu hamil, lansia dan balita. Dinkes terus melakukan pemantauan dan pengawasan di wilayah banjir bila ada sesuatu yang harus ditangani terkait bidang kesehatan. (end)


Posko Kesehatan, Banjir

Berita Terkait