DINKES - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang malalui Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) saat ini terus menyosialisasikan dan mengembangkan prograam NGASUH (Ngabiayaan Masyarakat teu Mampuh) kepada masyarakat yang memiliki penghasilan lebih.

Menurut Kabid Sumbet Daya Kesehatan Dinkes Ekki Riswandiyah program Ngasih merupakan terobosan yang dilakukan Dinkes dalam upaya membantu masyarakat tidak mampu agar bisa tercaver JKN, dimana yang membiayainya dari masyarkjat juga. "Ya istilahnya adalah sebagai keluarga angkat dimana keluarga yang mampu dan peduli ini bisa membiaya kepesertaan JKN dari keluarga kurang mampu," jelas Ekki Selasa (13/10/2020).

Ditambahkan Ekki program inipun dijalanakan dalam upaya meningkatkan rasa kepedukian sosial bagi para dermawan untuk ikut membantu masyarakat yang kurang mampu. Diakuinya program ini memang tantangannya akan berat, namun iapun optimis di Sumedang masih banyak dermawan yang mau berbagi dan membantu masyarakat kurang mampu.  "Ya program ini mungkin bisa dimulai dati lingkungam sekitar atau kerabat yang masih ada hubungan keluarga," katanya.

Melalui program ini lanjut Ekki diharapkan bisa lwbih membantu meningkatkan kepesertaan JKN KISS di Kabupaten Sumedang. Selain Program Ngasuh dalam upaya membantu masyarakat peaerta JKN untuk mendapatkam obat pihakbya juga akan meluncurkan program NGARANTANG (Nganteuran Obat Sangkan teu Antri Panjang). "Untuk teknisnya bagaiamana, nanti akan kami matangkan, yang jelas lewat inovasi ini diharapkan masyarakat tidak perlu antri lagi dalam mendapatkan obat," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)