SUMEDANGKAB.GO.ID, DINKES - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang masih akan terus melakukan test swab secara masiv terhadap masyarakat dalam upaya mengetahui sebaran covid 19 di wilayah Kabupaten Sumedang.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaeman mengatakan pelaksanaan test swab masiv akan dikombinasikan dengan pemeriksaan kontak erat.
"Sejauh ini kami dari Dinkes terus melakukan kegiatan test swab baik secara masiv maupun kepada warga yang pernah kontak erat dengan pasien positif covid 19," jelas Dadang Sabtu (3/10/2020).
Ditambahkan Dadang, pelaksanaan test swab aecara masiv maupun terhadap orang yang kontak erat penting dilakukan guna mencegah penyebaran covid 19 lebih meluas.
Ditambahkan Dadang, hingga saat ini pihak Dinkes Sumedang telah melakukan test swab dengan jumlah 7300- an orang.
"Junlah ini diluar test swab yang dilakukan pihak RSUD Sumedang," tambah Dadang.
Diakui Dadang, untuk pemeriksaan tewt swab terkait hasil, pihak Dinkes masih mengalami kendala dimana hasi test tidak bisa prediksi berapa hari keluar hasilnya.
"Sejauh ini pemeriksaan test swab masih dilakukan pihak Provinsi sehingga keluar hasilnya tidak pasti berapa hari harinya, kadang 3 sampai 5 hari telah keluar , kadang juga lebih, " jelasnya.
Untuk itulah pihaknya meminta pengertian dari masyarakat yang telah diambil sample test swabnya untuk menunggu hasilnya agak lama sambil menjalankan isolasi. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)