DISDIK - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang siap melakukan rehab SDN Sukawening, Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara. Bangunan SD ini  kondisinya cukup memprihatinkan. Rehab dilakukan jika sekolah ini  tidak jadi tergusur proyek Tol Cisumdawu.

Sejauh ini memang belum ada informasi yang resmi ke Disdik terkait tidak jadinya SDN Sukawening tergusur proyek Tol Cisumdawu. Namun Pemerintah Desa Mekarjaya mengaku telah mendapatkan informasi tersebut.

"Pemberitahuan secara resminya sih belum dapat, namun kami menerima informasi via WhattApps (WA) dari pihak Satker Tol Cisumdawu yang mengatakan kalau SDN Sukawening tidak jadi tergusur Proyek Tol," kata  Sekretaris Desa Mekarjaya, Cece Rukmana, Senin (6/1/2020).

Kabid Sarana Prasana Disdik, Eka Ganjar mengaku Disdik bersyukur seandainya SDN Sukawening tidak jadi tergusur proyek Jalan Tol Cisumdawu.  "Seandainya memang SDN Sukawening tidak jadi tergusur proyek Tol Cisumdawu ada untungnya juga karena pemkab tidak perlu mencari lahan baru untuk relokasi," terang Eka Ganjar Senin (6/1/2020).

Menurut Eka, Disdik mendapat pemberitahuan dari pihak Satker, di anggaran 2020 pihaknya telah menganggarkan dana untuk pengadaan lahan SDN Sukawening. Sekolah ini memakai lahan milik Desa Mekarjaya. “Kalaupun nantinya SDN Sukawening tidak jadi tergusur proyek tol, Disdik juga akan melakukan kajian terlebih dahulu terhadap keberadaan sekolah tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, kalau lokasinya masih aman dan nyaman bagi kegiatan belajar mengajar maka lokasi SD tersebut tetap dan pihak Disdik tinggal melakukan rehab. “Jika tidak aman maka tetap harus direlokasi," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)