DISNAKERTRANS - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrams) Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan BKK (bursa kerja khusus) yang tersebar dibeberapa SMK untuk penempatan kerja dan mendapatkan data yang diterima kerja.

Kepala Bidang Perluasan dan Penempatan Ketenagakerjaan Disnakertrans Kabupaten Sumedang Asep Muldandyah mengatakan saat ini sudah ada 48 BKK yang terdaftar di Disnakertrans Kabupaten Sumedang. BKK ini sangat membantu alumni di SMK tersebut untuk mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan.

"Biasanya SMK yang telah memiliki BKK akan melakukan MoU dengan perusahaan perusahaan dan perusahaan tersebut akan meminta tenaga kerja dari sekolah tersebut setelah sebelumnya dilakukan proses seleksi," jelas Asep, Minggu (9/1/2022)

Ditambahkan Asep agar BKK ini tetap eksis, pihak Disnakertrans sendiri melakukan pembinaan pembinaam terhadap keberadaan BKK, bahkan pihaknya juga memfasilitasi proses pembuatan kartu kuning secara kolektif.

"Jadi bagi mereka yang ingin bekerja melalui BKK tidak perlu repot repot menguris kartu kuning ke Disnakertrans, karena proses pembuatan akan dikolektif oleh BKK," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Asep dengan adanya BKK ini juga pihak Disnakertrans sangat terbantu dalam mendapatkan data pencari kerja yang berhasil ditempatkan.

"Secara administrasi data yang mencari kerja dan ditempatkan di BKK sudah ada, jadi pihak Disnakertrans akan sangat terbantu dalam mendapatkan data," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Asep saat ini berdasarkan data di Sumedang ada 88 SMK terdiri dari 7 Negeri dan 81 swasta sementata yang sudah memiliki BKK sebanyak 64 sekolah dan yang sudah terdaftar di Disnakertrans 48 sekolah. (edk).

(penerbit: sumedangkab.go.id)