DISPARBUDPORA - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang menggelar pembinaan peningkatan kapasitas SDM kebudayaan. Bimbingan teknis Konservasi Manuskrip (Naskah Kuno) bersama para penggiat budaya digelar di Gedung PKK. Jumat (11/12/2020). 

Sekertaris Disparbudpora Asep Rahmat Hidayat mengatakan pembinaan peningkatan kapasitas SDM kebudayaan untuk konservasi manuskrip. "Hari ini digelar kegiatan untuk membuka mendiskusikan setiap warisan budaya yang ada di Kabupaten Sumedang dalam bentuk manuskrip atau naskah kuno," katanya.

Asep menambahkan bahwa ada kemungkinan masyarakat umum masih menyimpan naskah kuno, hal tersebut akan didata dan dipelajari apa saja yang tertulis pada naskah kuno tersebut. "Naskah kuno ada kemungkinan tersebar di masyarakat, kami akan mendata sehingga nantinya dapat dipelajari setiap hal yang terkandung dalam naskah dibantu oleh para penggiat budaya yang ada di Sumedang," ujarnya lagi.

Keberadaan naskah kuno disampaikan Asep akan sangat berpengaruh kepada pengetahuan dan sejarah Sumedang puseur budaya sunda. "Banyak manfaat yang terkandung, ilmu pengetahuan dan setiap sejarah mengenai Sumedang dapat dipelajari," katanya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)