GAJAH AGUNG - Sekda Sumedang Herman Suryatman menghadiri focus group discussion (FGD) transformasi digital menuju Sumedang region di Aula Tampomas, Kamis (27/2/2020).  Sekda Herman mengharap semua pihak ikut memberikan inovasi dalam perkembangan teknologi di Sumedang. "FGD ini menjadi diskusi bersama menuju perkembangan teknologi yang baik, semua pemerintahan harus inovatif, " katanya.

Inovasi yang dibangun harus berupa kolaborasi, teknologi dengan budaya, pemerintah dengan masyarakatnya. Sekda Herman menyampaikan permasalahan utama lainnya yang harus diselesaikan di era digital adalah hubungan satu sama lain.  "Modal utama pemerintahan adalah discuss, di Sumedang slogannya sama inovasi atau mati. Semua inovasi yang dibangun harus dilandasi kolaborasi, pemerintah dengan masyarakatnya,  dan teknologi dengan budayanya," tambah Sekda.

Tidak hanya inovatif kemunduran suatu pemerintahan ditandai dengan masyarakat yang tidak ikut aktif dalam memberi saran serta mendukung semua kebijakan yang dibangun.  Teknologi yang dikembangkan Pemkab Sumedang harus jadi perhatian bersama, inovasi untuk masyarakatnya dan pemangku kebijakannya.  "Teknologi yang kita kendalikan, bukan kita yg dikendalikan teknologi, Sumedang Puseur Budaya Sunda kemajuan teknlogi harus di barengi dengan budaya, masyarakat harus ikut andil," katanya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)