DLHK Angkut Sampah Dari Desa-desa


Baca juga : Kelurahan Talun Semangat Kelola Sampah
Peringati HPN, Wartawan PWI Akan Gelar Jumsih


SITURAJA - Pemerintah Desa Cijati, Kecamatan Situraja bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) melalui UPTD Persampahan Jatigede, menanggulangi persoalan sampah.

Kepala Desa Cijati, Asep Junjun Junaedi menyebutkan, sampah dari lingkungan rumah tangga tidak terkelola dengan baik. Sehingga tumpukan sampah ada dimana-mana termasuk di selokan bahkan saluran irigasi. "Untuk mengurangi tumpukan sampah, kami kerjasama dengan pihak terkait, saat ini kerjasama penarikan sampah dari lingkungan sudah dijalankan," kata Asep, Selasa (18/2/2020).

Langkah yang dilakukan, sambung Asep, sampah yang berasal dari rumah tangga dikumpulkan di satu titik yang dekat dengan akses jalan.  Hal itu bertujuan agar petugas DLHK mudah mengangkut sampah yang sudah terkumpul.  "Jadi saat ini warga mengumpulkan sampah disatu titik, lalu setiap satu minggu sekali sampah tersebut diangkut oleh petugas DLHK," katanya.

UPTD persampahan wilayahan Jatigede, untuk saat ini sudah melakukan kerjasama penganganan dan penarikan sampah di beberapa desa. Antara lain, wilayah Kecamatan Situraja,  Desa Cijati, Cikadu dan Malaka. Wilayah Kecamatan Cisitu, Desa Ranjeng, Pajagan, Cigintung, Cisitu dan Situmekar dan untuk wilayah Kecamatan Jatinunggal yakni, Desa Pawenang. Semua desa yang sudah kerjasama dengan UPTD, sampahnya diambil secara bergiliran setiap satu minggu sekali. (nsa)


Sampah, DLHK

Berita Terkait