DPMD Menggandeng STIA Sebelas April Seleksi Bakal Calon Kades


Baca juga : Oktober Ini, Panitia Pilkades Selesai Terbentuk


DPMD -  Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang menggandeng STIA Sebelas April Sumedang  dalam menyeleksi bakal calon kepala desa.

Kabid Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Sumedan H Nuryadin mengatakan, proses seleksi dilaksanakan sehubungan dengan adanya desa yang  bakal calonnya (Balon) lebih dari lima orang. "Dalam aturan Pilkades ditentukan jumlah calon dalam ajang pilkades paling banyak lima orang dan paling sedikit dua orang, dengan demikian bagi desa yang balonnya lebih dari lima orang, maka harus melaksanakan proses seleksi sehingga calon yang akan maju dalam pilkades tetap lima orang," kata Nuryadin, Senin (6/1/2020).

Dijelaskan Nuryadin, dari 88 desa yang akan melaksanakan pilkades serentak pada 8 April mendatang ada 17 desa yang jumlah balonnya lebih dari lima orang sehingga harus dilakukan proses seleksi. Dipilihnya  STIA Sebelas April  untuk menyeleksi balon sebagai upaya untuk menjaga integritas dan netralitas.

"Kalau seleksi dilakukan oleh panitia pilkades di setiap desa dikhawatirakan akan timbul permasalahan sehingga jalan keluarnya dipilih tim independent," jelasnya.

Dipilihnya STIA Sebelasa April sebagai tim yang melakukan seleksi terhadap balon ini juga berdasarkan kesepakatan para panitia pilkades di 17 desa tersebut.  Pelaksanaan seleksi terhadap 118 balon kades ini akan dilaksanakan Kamis (9/1/2020) bertempat di kampus STIA Sebelas April.

"Pelaksanaan seleksi dilakukan selama sehari meliputi tes tertulis dan wawancara, hasil seleksi nantinya akan diserahkan kepada masing masing panitia pilkades untuk selanjutnya diputuskan lima bakal calon yang akan maju dalam pilkades," katanya. (end)


Pilkades Serentak

Berita Terkait