SUMEDANGKAB.GO.ID, DPRD - Komisi III DPRD Sumedang sebagai mitra kerja dari SKPD Dinas Pendidikan Sumedang mendukung atas dilaksanakannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Komisi III mengunjungi SMPN 4 Sumedang untuk mengetahui kesiapan sekolah ini dan juga beberapa sekolah lainnya tingkat SMP dalam menghadapi UNBK.

“Kunjungan kerja ini bertujuan untuk melihat memonitor kesiapan pihak sekolah dalam menghadapi UNBK Tahun 2020 dan ini sebagai wujud bahwa kami juga turut bersiap melaksanakan UNBK,” kata Wakil Ketua Komisi III Ferry Budiman beberapa hari lalu.

Selain itu, persiapan yang juga harus turut dilakukan DPD ini adalah karena sebelumnya banyak aspirasi dari masyarakat tentang pelaksanaan UNBK. Yaitu adanya permintaan sumbangan dana agar terlaksana UNBK.

Dari keterangan yang disampaikan Kepala SMPN 4 Edeng Sutarya di hadapan jajaran anggota Komisi III DPRD Sumedang, sekolahnya tidak meminta bantuan dana ke orang tua siswa agar UNBK terselanggara. Namun sekolah meminta bantuan sarana dan prasarana berupa laptop milik siswa atau orang tua siswa di rumah. Hal ini dilakukan karena jumlah laptop di sekolah tidak mencukupi

Kepala Sekolah SMPN 4 Edeng Sutarya mengatakan sekolahnya sempat merasakan dilema untuk pelaksanaan UNBK. Pasalnya jumlah bantuan dana BOS tidak pernah berubah tetapi keperluan terus meningkat. Hal inilah yang menjadikan pihak sekolah meminta bantuan kepada orang tua siswa.

“Untuk SMPN  4 sendiri melakukan UNBK secara mandiri . Laptop 60 buah, idealnya ada 132 laptop, maka sosialisasi UNBK kepada orang tua sebagai solusinya yaitu dengan meminta bantuan untuk peminjaman laptop kepada orang tua siswa,” kata Edeng.

Lebih lanjut disampaikan bahwa di Sumedang 30 persen sekolah melaksanakan UNBK sisanya UNKP (Ujian Nasional Kertas dan Pulpen) . Namun, untuk tahun 2019 kemarin, UNBK dilaksanakan 70 persen dan UNKP 30 persen. Tahun 2020 provinsi menargetkan UNBK 100 persen. Selain itu, UNBK ada 2 pilihan scara penyelenggaraannya yaitu dengan cara menumpang atau bergabung dengan sekolah lain atau dengan cara mandiri. Komisi III akan melakukan persiapan lebih lanjut agar UNBK Tahun 2020 bisa berjalan lancar dan semua siswa tersaranai dengan laptop dan jaringan yang memadai.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)