Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

FINLANDIA - Duta Besar Indonesia untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri turut bangga dan mengapresiasi atas capaian Kabupaten Sumedang dalam transformasi digital. Delegasi Benchmarking Digital Services dari Kabupaten Sumedang dipimpin Bupati Dony Ahmad Munir melakukan kunjungan kerja ke Finlandia, Rabu, 23 November 2022. Alasan Finlandia sebagai tujuan kunjungan delegasi Sumedang karena kemudahan dan kecepatan berbagai layanan publik melalui e-Government. “Salah satu pencapaian yang mengesankan dari Kabupaten Sumedang berdasarkan paparan Bupati adalah transformasi digital,” kata Dubes Ratu Silvy saat menerima rombongan, di Wisma Duta Helsinki Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Finlandia.

Di hadapan Dubes RI untuk Finlandia Bupati Dony menjelaskan, Sumedang memiliki visi mewujudkan Sumedang Happy Digital Region, Kabupaten yang sejahtera dan bahagia masyarakatnya dengan teknologi informasi sebagai alatnya. “Berbagai layanan publik telah didigitalisasi, antara lain dalam penanganan Stunting ada aplikasi SIMPATI, serta berbagai layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP). Ada juga Mal Maya Pelayanan Publik yang sudah dilengkapi dengan Artificial Intelligence dan Metaverse,” jelas Bupati.

Mengingat perkembangan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, dia sangat setuju dengan langkah-langkah yang diambil Pemda Kabupaten Sumedang. “Tidak menyangka, ternyata prestasinya membanggakan. Sudah saatnya kita berubah menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi. Itu akan membantu meningkatkan kualitas kebijakan dan akan membawa kita ke arah yang lebih baik,” ujar Dubes Ratu Silvy.

Ia pun berharap kunjungan kerja tersebut bisa mendorong peningkatan capaian e-Government dan peningkatan pelayanan publik di Sumedang. “Saya sarankan agar website Kabupaten Sumedang diperbaiki agar menjadi kebanggaan semua, termasuk keluarga besar KBRI di Finlandia,” tuturnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)