Penulis : Agun Gunawan| Editor: Vera Suciati

JATIGEDE - Sektor wisata di Sumedang, tumbuh pesat dengan dibangunnya beberapa destinasi wisata keren. Selain Menara Kujang Sepasang yang menjadi ikon wisata Jawa Barat, juga ada kawasan wisata Taman Seribu Cahaya (TSC).

Taman Seribu Cahaya yang dibangun di sekitar bendungan, tentunya eksotisme perairan Jatigede bisa dinikmati dari kawasan wisata ini. Kawasan wisata Taman Seribu Cahaya yang terus berkembang, kini menjadi favorit para pengunjung yang menginginkan kenyamanan, keindahan alam dan bisa menikmati indahnya pulau-pulau yang terhampar di perairan Waduk Jatigede.

Rizal, bagian dari pengelola kawasan wisata TSC menyebutkan kini telah tersedia sejumlah fasilitas yang akan memanjakan pengunjung Taman Seribu Cahaya. Antara lain, camping ground, spot selfie dengan berbagai latar, cafe kopi, food and beverage, termasuk tempat take off bagi pecinta olahraga paralayang.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati indahnya perairan Waduk Jatigede dan menikmati alam bebas dengan leluasa menggunakan equipment yang telah disediakan pengelola.

"Untuk yang hobi camping silahkan menikmati indahnya malam di TSC," ujarnya, Kamis 31 Agustus 2023.

Untuk diketahui, bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Taman Seribu Cahaya cukup merogoh uang Rp 15 ribu pada hari biasa. Sedangkan untuk hari libur atau weekend pengunjung dikenakan tiket Rp 20 ribu saja.

Kawasan wisata Taman Seribu Cahaya, dibangun di lahan seluas 3 hektare di wilayah Pakualam dan Karangpakuan yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Darmaraja. Kawasan ini bisa ditempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Sumedang. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)