SUMEDANGKAB.GO.ID, PEMKAB- Ada empat alasan yang menjadi latar belakang Bupati mengajukan Raperda Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS) jelang akhir tahun ini. Empat alasan ini disampaikan dalam Nota Pengantar Raperda SPBS ke hadapan DPRD beberapa waktu lalu.

Yaitu, Pertama, agarpelaksanana kebijakan SPBS mempunyai payung hukum kuat sebagai landasan untuk pelaksanaan program lainnya.

Kedua,  kebijakan SPBS harus larut dalam setiap kehidupan masyarakat Sumedang yang sejak dulu dikenal memiliki mental baja sebagai pejuang pembangunan memiliki keberanian untuk menegakkan kebenaran serta mampu meraih prestasi atau kemenangan tanpa harus mengalahkan.

Ketiga, masyarakat juga harus memilih karakter berani tapi rendah hati semangat tekad dan mental untuk untuk memberikan penerangan sebagaimana diuraikan sejarah do'a dan nasehat yang diungkapkan Pangeran Aria Soeria Atmadja (Pangeran Mekah) pada tahun 1920.

Keempat, SPBS  adalah sebuah kebijakan inovatif untuk memfasilitasi pelestarian budaya Sunda di Kabupaten Sumedang guna memperkokoh kebudayaan Jawa Barat dan nasional. ***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)