Empat Hal yang Harus dilakukan di Kampung KB


Baca juga : Dusun Sukanyiru Akan Jadi Kampung KB


SUMEDANGKAB.GO.ID, DPPKB – Setidaknya ada empah hal yang harus disosialisasikan di Kampung KB. Empat hal ini hasil rangkuman dari seluruh program yang dijalankan Kampung KB  seperti agama, sosial, kesehatan, dan program-program lainnya.

Pertama adalah Bina Keluarga Balita (BKB). Kelompok ini adalah upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balita. Berbagai kegiatan dilakukan melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional, serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu atau anggota keluarga lain dengan balita.

Ke dua adalah Bina Keluarga Remaja (BKR). Ini merupakan program strategis di mana dilakukan upaya mempersiapkan SDM berkualitas dalam lingkungan masyarakat. Program BKR meliputi kegiatan upaya yang meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan orangtua dan anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh kembang anak dan remaja secara seimbang melalui komunikasi efektif antara orangtua dan remaja, baik secara fisik, intelektual, kesehatan reproduksi, mental emosional, sosial dan moral spiritual.

Ke tiga adalah Bina Keluarga Lansia (BKL). Tak hanya berfokus pada balita dan remaja. Para lansia juga perlu dibina lewat Bina Keluarga Lansia. Ini adalah kelompok di mana serangkaian kegiatan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan keluarga yang lanjut usia dalam pengasuhan, perawatan serta pemberdayaan lansia agar kesejahteraannya meningkat.

Tujuan dari BKL ini untuk mewujudkan kesejahteraan lansia yang bertaqwa kepada Tuhan YME, mandiri, produktif dan bermanfaat.

Ke empat adalah Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Kelompok ini adalah usaha ekonomi produktif yang beranggota sekumpulan anggota keluarga yang berinteraksi dan terdiri dari berbagai segmen, seperti Keluarga Sejahtera, baik PUS yang ber-KB maupun belum. Kelompok ini bertujuan untuk membentuk jenis usaha yang dilakukan bersama.***(vrs)


kampung KB

Berita Terkait