Ence, Eks Genangan Jatigede Sukses Membangun Usaha dari Uang Kompensasi


Baca juga : KEK Jatigede Harus Tuntas Dalam 2 Tahun


CISITU - Ence Saman (45) warga eks genangan Bendungan Jatigede asal Desa Sukakersa, Kecamatan Jatigede mampu membangkitkan ekonominya setelah pindah dari wilayah genangan. 

Ence menekuni produksi mebeler di tempat tinggal barunya di Desa Ranjeng, Kecamatan Cisitu sejak tahun 2016. Ence dan keluarga memulai usaha dari nol dengan modal dari uang kompensasi atau uang penggantian dari pemerintah.  "Karena dulu saya pernah belajar perkayuan, pas begitu harus pindah dari kampung, saya berpikir saya harus punya usaha. Akhirnya uang dari kompensasi kepindahan saya jadikan modal usaha," kata Ence di Ranjeng, Selasa (19/11/2019).

Memasuki tahun ke empat tinggal di tempat baru, tutur dia, usahanya bisa berkembang. Sejumlah order pesanan mebeler bertambah. Mulai order bangku sekolah, perabotan rumah tangga, mebeler perkantoran, kusen dan order jenis perkayuan lainnya.

Dalam keberlangsungan usahanya, Ence juga ikut memberdayakan warga eks genangan lainnya. Bahkan bahan baku untuk produksinya berasal dari petani asal wilayah genangan. Kini Ence mampu mempekerjakan warga eks genangan sebanyak 10 orang. "Lumayan bisa berusaha bersama dengan warga lainnya sehingga kami mampu memenuhi kebutuhan keluarga," ucapnya. (nsa)


Jatigede

Berita Terkait