Evaluasi Sakip Daring oleh Kemenpan RB


Baca juga : Wabup Sosialisasikan SAKIP Desa


SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Pemkab Sumedang mengevaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) secara daring bersama Kementarian PAN RB. Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menjelaskan beberapa program unggulan Sumedang dan komitmen pemda Sumedang dalam merealisasikan SAKIP.

"Sumedang mendapat bagian dari kemenpan RB untuk dievaluasi dan mengecek apakah rekomendasi sebelumnya di follow up atau belum, kami pemerintah Sumedang sekaligus menyampaikan komitmen untuk mewujudkan realisasi SAKIP sebaik-baiknya dan telah memfollow up rekomendasi sebelumnya," kata Dony, Kamis (24/9/2020).

Terobosan penggunaan IT yang dijelaskan Dony merupakan salah satu rekomendasi kemenpar RB dalam meningkatkan percepatan dan produktifitas ASN dalam pelayanan publik.

"Kami menyampaikan terobosan IT sesuai rekomendasi dari kemenparRB dan berharap ada perbaikan nilai SAKIP untuk kedepannya," tambahnya.

Senada dengan hal tersebut Agustin selaku tim Kemenpan RB yang melakukan evaluasi SAKIP menyampaikan beberapa indikator lainnya yang perlu ditingkatkan untuk mencapai nilai A yang diharapkan pemerintah Sumedang, seperti kapasitas air bersih,  pengelolaan sampah dan kapasitas organisasi yang dinilai langsung oleh 100 responden.

"Ada beberapa hal indikator penilaian secara nasional meski perlu dirundikan kembali, seperti indeks kualitas air, pengelolaan sampah serta hasil survey kapasitas organisasi  yang mencakup 3 hal penilaian kinerja yg diharapkan, ukuran keberhasilan, kontribusi terhadap kinerja organisasi," katanya. ***(rsi)


sakip

Berita Terkait