Februari, Saatnya Berikan Vitamin A untuk Balita


Baca juga : Jangan Lupa Beri Vitamin A untuk Balita
Dinkes Jelaskan Empat Penyebab PTM
Februari, Saatnya Berikan Vitamin A untuk Balita


SUMEDANGKAB.GO.ID, DINKES – Kasi Kesehatan Keluarga Ai Andriani mengingatkan bahwa bulan ini, Februari, adalah saatnya memberikan vitamin A untuk balita di rumah Anda. Ai menyebutkan bulan ini terdapat 9205 sasaran vitamin A untuk anak usia 6-11 bulan dan ada 67935 sasaran untuk anak usia 12-59 bulan.

Ai menjelaskan pemberian vitamin A ini merupakan program penting yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi kekurangan vitamin A. Saat ini, Kurang Vitamin A (KVA) masih merupakan masalah dan dapat terjadi pada semua umur terutama pada masa pertumbuhan . Salah satu dampak kurang vitamin A adalah kelainan pada mata yang umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan s/d 4 tahun yang menjadi penyebab utama kebutaan.

“Kurang Vitamin A pada anak biasanya terjadi pada anak yang menderita Kurang Energi Protein (KEP) atau gizi buruk sebagai akibat asupan zat gizi sangat kurang,termasuk zat gizi mikro dalam hal ini vitamin A,” kata Ai, Rabu (5/2/2020).

Anak yang menderita kurang vitamin A mudah sekali terserang infeksi seperti infeksi saluran
pernafasan akut,campak,cacar air,diare dan infeksi lain karena daya tahan anak menurun. Namun masalah kekurangan vitamin A dapat juga terjadi pada keluarga dengan penghasilan cukup. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan orang tua terutama ibu tentang gizi yang baik. Gangguan penyerapan pada usus juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin A.***(vrs)


vitamin A, dinkes, balita

Berita Terkait