SUMEDANGKAB.GO.ID - SUMEDANG, Kopi adalah salah satu komoditas  yang Layak untuk dikembangkan khusunya di Sumedang. Ada beberapa jenis kopi yang terdapat di Sumedang : 
Kopi Sumedang JUARA, Kopi  Arabika Java Preanger (Manglayang) sangat di sukai. Adapun latar belakang dari acara  tersebut adalah jika konsumsi kopi meningkat penjualan naik,  keuntungan naik kesejahteraan petani kopi meningkat pula. 

Festival Kopi bertujuan Mengenalkan Kopi Sumedang, Menjual Kopi Sumedang, Membangun sinergi antara Komunitas Kopi Sumedang dengan Pemerintah, Swasta, dan Pedagang lainnya
Terciptanya Pasar (Demand), sehingga ada pasar yang real, adanya kebutuhan untuk menambah added value atas kopi yang ditawarkan.

Pelaksanaan Festival Kopi diadakan pada  tanggal 7 – 9 Oktober 2019 mulai pukul 07:00 – 22:00 WIB. Pembukaan resmi mulai pukul 15:00 tanggal 7 dan penutupan 15:00 tanggal 9/10/2019. Acara diatas dibuka oleh Bupati Sumedang 'H. Donny Ahmad Munir', dan ditutup oleh Wakil Bupati Sumedang 'Erwan Setiawan'.

Adapun lokasi diselenggarakan Festival tersebut di Kawasan Gudang Kopi, Wisma Gending, Jl Palasari No 43 Sumedang. (jj)

(penerbit: sumedangkab.go.id)