Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

RANCAMULYA - Peluncuran program Kartu Tangkal Kemiskinan (Tangkis) yang digulirkan Pemkab Sumedang guna penghapusan kemiskinan ekstrim mendapatkan dukungan penuh dari unsur Forkopimda.

Hal ini terlihat saat peluncuran kartu tangkis di Saphira City Park (Sacipa) Rabu, 3 Juli 2024 unsur Forkopimda Sumedang tampak hadir mendampingi Pj Bupati Sumedang.

Kepala Kejaksaan Negeri Sumedang Yenita Sari mengatakan yang terpenting dari pembagian kartu tangkis ini adalah dalam hal pengawasan.

"Kami Kejari Sumedang sangat mendukung program ini, namun pengawasan harus dilakukan 360 derajat untuk antisifasi adanya penyelewengan," kata Yenita Sari.

Sementara itu, Dandim 0610 Sumedang Letkol Cristian Gordon Rambu menyoroti upaya yang harus dilakukan untuk mencegah adanya miskin ekstrim.baru.

"Jadi selain menghapus, kita juga harus bisa mencegah munculnya kemiskinan ekstrim yang baru, salah satu caranya dengan lebih memberdayakan masyarakat," jelasnya.

Sementara itu Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono mengatakan kalau pihak Polres Sumedang juga berkomitmen untuk menghapus kemiskinan ekstrim

Bahkan, lanjut dia, pihak Polres telah menyiapkan pekerjaan bagi masyarakat miskin ekstrim untuk berjualan keliling dengan perkengkapan telah disediakan.

Unsur DPRD yang diwakili ketua Komisi A Asep Kurnia mengatakan dalam pembagian kartu tangkis ini yang terpenting adalah tepat data, tepat tepat programnya, tepat anggaran,tepat waktu pemberiannya, dan tepat pengawasan.

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli mengatakan berdasarkan data saat ini di Sumedang terdapat 3.083 KK yang masuk katagori miskin ekstrim.

"Data ini sudah valid dan ini yang akan menjadi fokus kami dalam menghapus kemiskinan ekstrim tersebut," jelas Yudia. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)