SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Penampilan yang akan disajikan dalam merayakan Tahun Baru 2020 di Kabupaten Sumedang adalah Tari Umbul Kolosal di Jatigede, Sumedang, 30 Desember 2019. Penanggung jawab pertunjukan yang juga seorang sejarahwan dan budayawan Edah Jubaedah menyebutkan ia perlu menggali budaya dan sejarah terlebih dahulu tentang tari umbul. Tujuannya, agar nilai budaya yang ada dalam tari kolosal dapat masuk ke dalam sajian penampilan sehingga menjadi daya tarik wisata.

“Ada penggalian beberapa hal terlebih dahulu berikut dengan budaya dan seninya, tapi tidak begitu dalam juga karena relatif lebih mudah ditelisik,” kata Edah, Sabtu (21/12/2019).

Menurut Edah, tari umbul muncul tidak terlalu lama. Tari ini muncul di tahun 1940-an saja. Jadi, untuk menelisik terlalu dalam dan jauh tidak diperlukan. Selain itu, pelaku tari umbul di daerah pertamanya yaitu di Cababan, Conggeang dan juga di Paseh masih ada. Tari ini mulai dikembangkan massif di Situraja pada masanya itu. Nah, di Situraja pun, pelaku utama tari umbul masih ada dan masih bisa ditemui.

“Relatif mudahlah untuk ditelisik dan digali fakta sejarah dan budayanya, jadi kami tidak menemukan kendala, namun tentu harus teliti agar kami pun bisa menampilkan tari umbul ini dari tradisi ke kreasi yang bisa dinikmati apik oleh wisatawan,” terang Edah.

Edah juga memaparkan bahwa panitia sangat terbantu dengan kerjasama dan dukungan dari seluruh pelaku seni dan budaya. Terutama para pelaku seni tari di Sumedang. Dari berbagai sanggar tari, didapat berbagai dukungan moril tentang bagaimana tarian ini menjadi suguhan yang menarik dan berkualitas di bidang pariwisata.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)