WADO -  Gapura penanda Kampung KB dibangun di areal memasuki Kampung Lamuniser, Desa Sukapura, Kecamatan Wado. Kepala Desa Sukapura, Dahman Rukmana mengatakan, pembangunan gapura dilaksanakan oleh dinas terkait bekerjasama dengan pemerintah desa.

"Dibangunnya gapura menandakan wilayah Dusun Lamuniser merupakan kampung KB. Dengan dibangunnya gapura  tersebut bisa jadi pemicu sebagai keberhasilan warga dalam meningkatkan pembangunan keluarga yang mandiri," ujar Dahman, Rabu (11/3/2020).

Dahman menyebutkan, semenjak jadi kampung KB, peningkatan sumber daya manusia di Lamuniser sangat meningkat. Sejumlah sarana dan prsarana baik pendidikan maupun kesehatan bisa dibangun. Seperti Kober di Lamuniser, saung KB dan lainnya.

Dari sisi masyarakatnya juga bisa bangkit melalukan inovasi dan lebih memahami rencana berkeluarg yang baik. Dusun Lamuniser merupakan wilayah Kampung KB. Dimana dusun tersebut di plot untuk menjadi dusun percontohan.  "Warganya ya dituntut untuk kreatif. Walaupun wilayahnya agak dipelosok tapi bisa mengembangkan potensi yang bisa menghasilkan," katanya.

Setelah menjadi Kampung KB kata dia, Dusun Lamuniser terus berbenah  dalam berbagai hal. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)