Gerakan Nasi Bungkus di Desa Cegah Kelaparan saat Pandemi Korona


Baca juga : Sumedang Diusulkan Masuk PSBB Bersama Bandung Raya
Warga yang Keluar Rumah Harus Memakai Masker
Gerakan Nasi Bungkus di Desa Cegah Kelaparan saat Pandemi Korona


PKK  - Tim penggerak PKK Kabupaten Sumedang  melaksanakan program Gerakan Nasi Bungkus (GASIBU). Gerakan tersebut bertujuan agar tidak ada satu orang masyarakat pun yang kelaparan selama wabah Covid-19 melanda.

Ketua TP PKK Sumedang  Susi Gantini mengatakan, program GASIBU di Sumedang tidak membuka dapur umum tetapi dengan memberdayakan kader memasak di rumah masing-masing kemudian didistribusikan ke masyarakat.  "Program GASIBU  bertujuan mencegah kelaparan ditengah pandemi Covid-19. Kader  memasak makanan di rumahnya," ujar  Susi.  Selasa (21/4/2020)

TP PKK mengkoordinir bantuan yang akan di terima oleh desa. Adapun bantuan yang akan diterima desa berasal dari APBD Kabupaten dan untuk bantuan dari Provinsi akan didistribusikan oleh TP PKK kabupaten kemudian dilanjutkan ke tingkat kecamatan.  "Pengelolaan GASIBU di koordinir Ketua TPPKK desa dengan membentuk tim pengelola GASIBU yang melibatkan ketua kelompok PKK RT, RW dan ketua kelompok Dasawisma,” katanya.

Selain itu, dijelaskan juga bahwa kegiatan kader yang paling utama  adalah mendata masyarakat yang belum menjadi sasaran bantuan dari pemerintah. Untuk Dasawisma diharapkan dapat mencari  KK mana yang belum mendapat bantuan. (rsi)


PSBB, korona, sosialisasi GASIBU PKK

Berita Terkait