Penulis l: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

ALUN ALUN - Setelah sukses menggelar gerakam pangan murah di halamam masjid Agung Sumedang, Kecamatan Sumedang Selatan, Selasa 22 Agustus 2023, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sumedang kembali akan menggelar kegiatan serupa di titik lainnya.

"Antusias warga dalam memanfatkan gerakan pangan murah ini sangat luar biasa, sehingga kami juga merencanakan mengelar di tempat lainnya," terang Kepala Bidang Ketahanan Pangan DPKP Smedang, Iwan Gustiawan, Selasa, 22 Agustus 2023.

Menurut Iwan,  kegiatan serupa akan digelar di setiap kecamatan dan dijadwalkan hingga bulan Desember 2023 mendatang dengan melibatkan kelompok-kelompok tani yang ada di daerah. Ia juga menambahkan  kegjatan gerakan pasar murah ini dirasa penting melibatkan kelompok tani karena mereka sebagai penghasiil komoditi.

"Kasihan juga banyak petani yang mengalami kesulitan memasrkan hasil dan lewat kegkatan gerakan pangan murah ini kami akan coba fasilitasi untuk bisa memasarkan hasil hasil pertanian," kata Iwan.

Dikatakan Iwan, keuntungan ketika gerakan pasar murah melibatkan kelompok tani, karena dari segi barang terpenuhi, petani juga terangkat dalam memesarkan prodaknya dan pembeli mendapatkan barang yang harganya lebih miring dibandingkan dipasar.

Sementara itu untuk barangnya lainnya seperti beras, minyak goreng, telur dan daging kerjasama dengan pihak Bulog. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)