Gerakan Peduli Tampomas Reboisasi di Padayungan


Baca juga : Siswa MA Maarif Tanjungsari Tanam Bibit Pohon di Pegunungan Kareumbi
Tampomas Boga Carita Ajukan SOP Pendakian Gunung Tampomas


CIMALAKA – Gerakan Peduli Gunung Tampomas melakukan penanaman pohon di Cipadayungan, Desa Padasari, Kecamatan Cimalaka, Rabu (8/1/2020).  Gerakan peduli Tampomas untuk memulihkan lahan demi masa depan dihadiri Camat Cimalaka Asep Aan Dahlan,  Wakapolres Sumedang Kompol Erwin, Kepala Desa se-Kecamatan Cimalaka, di Cipadayungan.

Camat Cimalaka Asep Aan Dahlan menyampaikan bahwa menanam pohon merupakan bentuk iktiar dalam menyelesaikan masalah lingkungan, seperti longsor banjir dan berkurangnya sumber mata air. “Ada dua hektare lahan di Cipadayungan ditanami 2.000 pohon dengan berbagai jenis tanaman,” kata Asep.

Pohon yang ditanam selain pohon keras juga  buah-buahan. Penanaman pohon ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan namun hasil tanamannya bermanfaat bagi masyarakat sekitar. "Ini langkah awal sebagai antisipasi bencana. Bersih lingkungannya, manfaat hasil tanamannya bagi masyarakat," ujar Asep.

Menurutnya, penanaman pohon juga akan dilakukan di beberapa titik galian C di kecamatan Cimalaka, sepert Citimun, Licin, Cibeureum Kulon, dan Cibeureum Wetan.  "Setiap minggu di tempat yang berbeda akan terus melakukan penghijauan, dari mulai daerah Citimun hingga Cibeureum," katanya.  (ver)


Penghiajauan, Pegunungan Kareumbi, Lestari Alamku, Gunung Tampomas

Berita Terkait