GOW - Anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW)  Kabupaten Sumedang mendapatkan pelajaran  pemulasaraan jenazah di sekretariat GOW. Kegiatan dibimbing ustazah May dari Tanjungsari dan kegiatan disaksikan langsung ketua GOW Kabupaten Sumedabg Hj Winny Hilman.

Menurut Ny. Hj Winny Hilman, kegiatan ini selain untuk meningkatkan silaturahmi antar anggota juga meningkatkan rasa keimanan, nenambah pengetahuan dan wawasan. 
"Terlebih praktek cara memulasara jenazah , sangat diperlukan sekali bagi anggota, minimal tahu cara yang benar sesuai dengan ilmunya," jelas Ny Hj Winny Hilman Senin (28/8/2020). 

Ustadzah May mengatakan sebagai kaum perempuan tidak perlu takut untuk memandikan mayat dan mengafaninya, minimal buat keluarga.  "Bila ada keluarga yang sakit, apalagi yang menghadapi sakaratul maut itu, jangan ditinggalkan. Tapi bimbinglah dengan mentakilkan lafad Allah sampai nyawanya sudah tidak ada, lalu kita menutup matanya juga menutup mulutnya sambil agak ditekan biar mulut tidak menganga," katanya.

Dijelaskan dia, ada beberapa peralatan yang dibutuhkan saat mengurusi jenazah antaralain samak pandan, kain sarung, handuk besar dua, sabun batangan lebih baik daripada yang cair karena mengandung lemak. Kapur barus, kain kafan 14 meter bagi perempuan.  "Dalam memandikan mayat dituntut sikap kehati- hatian, begitu juga saat mengafaninya, jangan lupa memakaikan celana, kerudung, kain dan mukena , yang semuanya dari kain kafan tersebut," katanya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)