Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Vera Suciati 

DPPKBP3A - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan pelayanan KB kontrasepsi mantap (kontap) jenis MOW (Medis Operatif Wanita) secara gratis

Kegiatan yang digelar Minggu 9 Juni 2024 dalam pelaksanannya bekerjasama dengan pihak RSUD Sumedang.

Kepala Bidang keluarga Berencana DPPKBP3A Kabupaten Sumedang Dadan Mulyadan mengatakan kegiatan diikuti 30 peserta berasal dari 4 UPTD wilayah yaitu Wado, Darmaraja, Sumedang Selatan dan Pamulihan.

Menurut Dadan, pelayanan KB gratis dengan kontrasepsi mantap MOW ini digelar dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2024.

"Jadi dalam mengisi acara Harganas 2024 kami DPPKBP3A Kabupaten Sumedang kerjasama dengan RSUD Sumedang menggelar pelayanan KB gratis MOW," jelas Dadan Selasa, 11 Juni 2024.

Ditambahkan Dadan, untuk pelayanan KB jenis MOW ini memang tidak banyak pesertanya mengingat tempat pelaksanaan dan juga perlu penanganan khusus terhadap peserta pasca operasi.

Lebih lanjut disebutkan, kontrasepsi mantap atau kontap ini adalah suatu tindakan untuk membatasi keturunan dalam jangka waktu yang tidak terbatas, secara mantap dan sukarela. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)