SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Satgas Penanganan Covid 19 yang terdiri dari unsur Satpol PP, Polri, TNI, dan Dishub ini menggunakan kostum pahlawan super, seperti Spiderman dan Superman untuk mengajak masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan di masa pandemi. Bahkan, para superhero ini ikut merazia orang yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di kawasan Alun-alun Sumedang, Sabtu (9/1/2020). Mereka menggunakan masker sambil membawa tulisan yang berisi ajakan kepada masyarakat agar selalu menjalankan protokol kesehatan.

Kapolres Sumedang yang juga Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto menuturkan, saat ini masyarakat sudah mulai bosan dengan pembatasan-pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah, sehingga menimbulkan kejenuhan di masyarakat. Hal tersebut menyebabkan masyarakat mengabaikan protokol kesehatan, sehingga berpotensi menimbulkan potensi penyebaran Covid-19.

"Untuk itu kami mencoba sebuah cara yang fresh, cara yang mudah diingat, agar bisa menjangkau orang dewasa hingga anak-anak, dimana kami menggunakan sosok super hero," kata Eko, saat Operasi Yustisi di Alun-alun Sumedang, Sabtu (9/1/2020).

Ia mengakui selama ini pihaknya menampilkan petugas penegak hukum dari TNI dan Polri. Namun, kali ini, tim menampilkan sosok humanis agar masyarakat selalu ingat untuk menerapkan protokol kesehatan.

Ia memprediksi pandemi Covid-19 masih akan berlangsung lama. Meski sudah akan dilakukan vaksinasi, namun menurutnya itu bukan jaminan. Sehingga penegakan protokol kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)