Reporter : M Thoriq  I  Editor : Deddi Rustandi

TOGA - Hari pertama kejuaraan dunia paralayang diisi dengan hari latihan resmi alias practice day, Rabu (23/10/2019). Untuk nomor akurasi, ketepatan mendarat yang digelar di bukit Kampung Toga, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan diikuti 59 pilot. Par apilot ini seharian melakukan penerbangan dari bukit Toga.  “Dalam practice day ini meliputi uji coba lokasi take off, uji coba terbang dan uji coba tempat landing,” kata Darmawan Sirib, Head Quarter Coordinator.

Practice day dilakukan 3-4 kali penerbangan. Namun tidak semua atlet dapat melakukan penerbangan karena pada siang hari ada jam-jam tertentu angin arahnya tidak sesuai dan angin bisa sangat kencang. “Tak semua pilot bisa terbang karena ada kondisi angina yang tidak sesaui dan sangai kencang. Tapi secara umum practice day sudah bisa terlaksana,” katanya.

Menurut Darmawan, agenda Kamis (24/10/2019) di Kampung Toga digelar pertandingan ronde pertama resmi atau competition round. “Seluruh pilot sebanyak 60 orang wajib melakukan penerbangan dengan masing-masing melakukan satu sampai dua round tergantung kondisi cuaca dan prakiraan cuaca besok,” katanya. []

(penerbit: sumedangkab.go.id)