Penulis:  Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DINKES - Cuaca saat ini sudah masuk ke musim pancaroba dari kemarau ke musim hujan, bahkan hujan sudah mulai turun walaupun dengan intensitas yang masih rendah disusul kemudiam panas yang cukup panjang.

Dari kondisi ini, Dinas Kesehatanpun menghimbau kepada masyarakat untuk mulai waspada dan hati hati akan serangan nyamuk Deman Berdarah Dengue (DBD).

"Adanya hujan kemudian panas ini perlu diantisifasi jangan sampai ada air air yang menggenang hingga digunakan sarang nyamuk," terang Kabid P2P Dinkes, Deti Rahmawati, Selasa, 14 November 2023.

Diakui Deti hingga saat ini memang masih aman dan belum ada laporan serangan DBD. Namun untuk  mengantisipasi DBD,  Dinkes sendiri mengingatkan masyarakat dan juga para kader untuk tetap waspada.

"Kami juga banyak melakukan pertemuan-pertemuan dengan para kader terkait pemberantasan sarang nyamuk karena dikhawatirkan ada jentik yang bisa menyebabkan DBD," jelas Deti seraya menambahkan bahwa melalui pertemuan ini, diharapkan para kader juga dapat menyosialisasikan kembali kepada masyarakat.

Diakui Deti, kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) saat ini memang masih menjadi metoda terbaik yang digunakan sebagai antisifasi serangan DBD. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)