DINAS PETERNAKAN PERIKANAN - Kesadaran masyarakat untuk memeriksakan hewan peliharaaan saat ini terbilang tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya hewan peliharaan yang diperiksa ke  Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan wilayah kota.

Kepala UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan wilayah kota, drh Mursjid Abdullah mengakui kalau saat ini setiap harinya banyak masyarakat yang membawa hewan peliharaan untuk diperiksa. "Setiap harinya selalu ada yang datang untuk memeriksakan hewan peliharaan, kalau dirata-ratakan per hari sekitar 10 - 20 ekor," kata Mursjid di kantornya di Jalan 11 April, Tegalkalong, Kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara, Kamis (9/1/20).

Diakuinya, kucing dan anjing mendominasi hewan hewan peliharaan yang diperiksa. "Sebelumnya masyarakat enggan memeriksakan hewan peiharaan, namun setelah dilakukan sosialisasi saat ini tumbuh kesadaran yang tinggi," katanya.

UPT Kesehatan Hewan wilayah kota saat ini bukan hanya melayani pemeriksaan rawat jalan hewan peliharaan, namun ada juga yang rawat inap.  "Kalau memang perlu penanganan ekstra beberapa hewan ada juga yang rawat inap," tambahnya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)