SUMEDANG - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang  menghibahkan aplikasi terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) kepada Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat dan Kota Probolinggo Provinsi Jawa Timur. Posesi penandatanganan hibah ini dilaksanakan di Gedung Negara, Pada, Selasa (23/05/2023).

Kadis Kominfosanditik Kabupaten Mamuju Tengah Bambang Suparni mengatakan, penerapan SPBE di daerahnya masih dangat rendah. Untuk itu, pihaknya mendatangi Sumedang untuk belajar terkait dengan pengelolaan SPBE.

“Kami berharap ilmu yang diberikan oleh Pemkab Sumedang kepada kami bisa bermanfaat bagi masyarakat Mamuju Tengah dan juga bernilai ibadah bagi Pemkab Sumedang,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan didampingi oleh Kepala Diskominfosanditik Bambang Rianto menyambut baik atas kunjungan tersebut menurutnya selain bisa bertukar ilmu juga bisa mempererat jalinan silaturahmi dalam upaya membangun kualitas pemerintahan yang lebih baik.

“Dengan senang hati kami akan memberikan informasi yang dibutuhkan dengan tetap menerima masukan dan menampung aspirasi dari Bapak dan Ibu sehingga dapat kami jadikan bahan pembelajaran dan evaluasi,” ujarnya.

Berkaitan dengan kunjungan mengenai pengelolaan SPBE, Wabup menyebutkan, Tahun 2022 lalu SPBE Kabupaten Sumedang menembus nilai 3,84 dan mengantarkan Sumedang meraih penghargaan dari Kemenpan RB sebagai Kabupaten dengan indeks SPBE terbaik pertama di Indonesia.

“Adapun terkait konvergensi percepatan penurunan stunting, alhamdulillah Kabupaten Sumedang berhasil menurunkan angka stunting dari semula 32,27 persen pada tahun 2018 menjadi 8, 27 persen di tahun 2022,” Pungkasnya. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)