SUMEDANGKAB.GOP.ID, JATIGEDE – Kabar gembira bagi warga di Desa Cipicung, Kecamatan Jatigede. Tahun ini, jembatan gantung yang menghubungkan Dusun Cihanyir dengan Dusun Cisaar akan diperbaiki atau dibangun kembali. Jembatan dengan panjang 120 meter dan lebar 1,5 meter ini ambruk pada April 2019 lalu akibat terpaan hujan yang mengakibatkan terkikisnya tanah tempat menancapnya tiang jembatan.

“Jembatan gantung Cisaar akan dibangun tahun ini setelah tahun kemarin itu memang kami ajukan langsung dan segera ke pusat,” kata Deni, Kamis 930/1/2020).

Menurut Deni, jembatan tersebut dibangun tahun 2009 lalu. Sepuluh tahun kemudian jembatan ambruk karena tanah terkikis derasnya air sungai.

Pada saat kejadian tahun lalu, warga masyarakat setempat harus mempergunakan jalan lain yang jaraknya mencapai kurang lebih empat kilometer.

Deni menambahkan, Dinas PUPR sudah melaksanakan survey lapangan setelah sebelumnya mengajukan dana perbaikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Alhasil, berkat koordinasi yang tepat, tahun ini dana perbaikan etrsebut akan turun melalui DAK Tahun 2020. Anggaran yang diperlukan untuk perbaikan  mencapai kurang lebih Rp. 7 milyar.

Beberapa jembatan di Sumedang saat ini membutuhkan perbaikan karena kondisinya sudah rawan. Namun karena dana yang dibutuhkan sangat banyak, Dinas PUPR akan lebih tepat mengajukannyua melalui DAK pusat. APBD Sumedang saat ini masih belum mampu mengalokasikan dana bermilyar-milyar untuk perbaikan jembatan. ***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)