Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DISKOPUKMPP - DiskopUKMPP akan memberikan bantuan smartphone atau handphone (Hp) bagi pelaku usaha mikron untuk membantu pasarkan produknya. 

Kepala DiskopUKMPP Kabupaten Sumedang Agus Kori Hidayat mengatakan meski  Hp sudah menjadi barang umum yang dimiliki setiap orang, namun untuk digunakan sebagai alat bantu usaha seperti berdagang dan memasarkan produknya diperlukan Hp dengan kualifikasi bagus. Sementara, pelaku UMKM yang juka terbiasa mengginakan Hp kerap mengeluh tidak bisa maksimal memasarkan produksinya secara online karena hp nya terbatas ruang penyimpanan data dan lain sebagainya.

"Pemberian Hp kepada pelaku UMKM ini untuk membantu mereka memasarkan produknua ditengah pemasaran digital saat ini, jadi memang hp kota harus suppport aplikasi editing gambar, video dan juga berbagai aplikaso pendukung lainnya termasuk aplikasi marketplace," terang Agus, Kamis, 6 Juni 2024.

Untuk sementara, bantuan hp diperuntukan bagi pelaku usaha mikro yang ada di Kecamatan Sumedang Utara dan Sumedang Selatan. Dinas akan menyeleksi pelaku UMKM yang layak mendapatkan bantuan Hp ini, termasuk dapat dipastikan pula pelaku UMKM memang berminat dan antusias melakukan digital marketing.

Untuk saat ini lanjut Agus pihaknya masih melakukan pendataan dan proses seleksi dan direncanakan sekitar bulan Juli atau Agustus bantuan smartphone ini sudah diterima penerima.

"Kami berharap dengan dibaginya smartphone pelaku usaha mikro akan lebih berkembang lagi hingga bisa meningkatkan pendapatan mereka," tandasnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)