Penulis Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati

DISKANAK - Pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB) kini tidak hanya dilakukan pada sapi saja, hewan lainnya seperti kerbau domba dan kambingpun bisa dilakukan IB dan keberadaan sperma untuk jenis tersebut tersedia di UPTD pembibitan Duskanak Sumedang.

Kasubag TU UPTD Pembibitan pada Diskanak Sumedang Rani Haryono mengatakan masyarakat yang ingin melakukan IB pada kerbau, domba ataupun kambing bisa menghubungi petugas inseminator.

"Ya kalau peternak ingin IB pada kerbau, domba ataupun kambing bisa menghubungi petugas dan padti akan kami layani," jelas Ran,i Rabu (5/10/2022).

Hanya saja lanjut Rani untuk IB pada domba terbatas pada jenis domba Garut sedangkan untuk kambing tersedia bagi 3 jenis yaitu Etawa, Saanen dan Boer. Menurutnya, saat ini memang masih jarang peternak yang meminta IB untuk jenis kerbau domba dan kambing.

"Untuk kerbau misalnya selama tahun 2022 ini baru ada 5 ekor yang perkawinannya dilakukan secara IB," tambahnya.

Dijelaskan Rani, jarangnya IB dilakukan pada kerbau karena kerbau memiliki karakter yang berbeda dimana kerbau bisa ngamuk saat proses inseninasi. Begitupun jarangnya IB pada kambing dan domba karena tingkat keberhasilannya sekitar 40%.

Namun demikian untuk mendapatkan hasil keturanan yang bagus tidak ada salahnya juga ketika peternak kerbau domba dan kambing mencoba melakukan IB seperti halnya sapi. (*) 

(penerbit: sumedangkab.go.id)