HhhSUMEDANGKAB.GO.ID, DARMARAJA - Ikan asin balado yang dibuat oleh Bumdes Raharja dari Desa Sukaratu, Kecamaran Darmaraja ludes terjual ke Jakarya dan kota lainnya. Pemasaran melalui daring ini tak memakan waktu lama, dari mulai diperkenalkan ke daring langsung mendapat tanggapan positif dan memesan habis barang. Alhasil, Bumdes Raharja sangat senang sekali produksinya disukai banyak orang, bahkan di pasar daring.
Menurut Pengurua Bumdes Raharja Neneng, memasuki bulan puasa, penjualan panganan olahan dengan bahan baku ikan asin ini memang meningkat. Setiap kali habis, banyak lagi yang sudah pesan dahulunya dan langsung diproduksi.
"Ikan asin balado kami habis terjual dan sekarang sedang produksi lagi karena sudah banyak yang pesan atau preorder,"kata Neneng, Sabtu (25/4/2020).
Neneng menyebutkan ia baru memproduksi satu varian dulu, yakni ikan asin balado. Produksi ikan asin balado yang dikerjakan unit usaha Bumdes ini dalam satu hari mampu memproduksi sekitar 6 kg ikan asin. Pengemasan ikan asin balado menggunakan toples plastik berukuran sedang.
"Saat ini kami sudah mengirim ke konsumen menggunakan jasa kurir," ucapnya.
Ia menambahkan, produksi ikan asin balado sementara masih menggunakan bahan baku dari pasar. Namun kedepan akan menampung perajin ikan asin di wilayah perairan Bendungan Jatigede.
Untuk harga ikan asin balado, dijual seharga Rp.24.000/ toples. 
"Dalam sehari ini saja kami bisa menjual 32 toples untuk pemesanan dalam dan luar daerah," ujarnya.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)