KOTA - Setelah melalui kurasi dan penjurian yang ketat, panitia lomba foto Sumedang Dalam Lensa akhirnya menetapkan para juara di masing-masing kategori. Ketua panitia Febby Fabianto menyebutkan, setelah dilakukan kurasi tahap akhir, panitia menetapkan, untuk pemenang lomba pada kategori DSLR/mirroles antara lain juara 1 adalah Budi Winarno, juara 2 Ganjar Mustika dan juara 3 Arif Ikhwani.

Febby menguraikan, foto yang berhasil menjadi juara pertama berkonten atraksi kuda silat yang sedang diabadaikan oleh puluhan fotografer yang berlokasi di kawasan Toga. Kemudian untuk foto juara kedua berkonten prosesi ritual di Museum Sumedang dengan lokasi di museum. Sedangkan untuk foto juara ke 3 berkonten aktivitas warga dengan latar belankang lanskap dari perairan Bendungan Jatigede. Foto ini diambil di salah satu titik perairan bendungan.

Kemudian kata Febby, untuk kategori drone, juara pertama diperoleh oleh Aceng Sofyan, juara kedua Rizky Pasha W dan juara 3 Akbar Maulana. Foto juara 1 kategori drone memiliki konten keindahan liukan jalan diatas jalan tol Cisumdawu yang berlokasi di wilayah Rancakalong. Kemudian foto juara kedua, memperlihatkan keberadaan kampus IPDN di Jatinangor. Sedangkan foto juara 3 memperlihatkan kelokan kembar di jalan Cadaspangeran, Pamulihan. "Hasil penetapan foto juara ini mutlak pilihan dewan juri. Alhamdulillah foto-foto yang terpilih adalah foto terbaik yang dihasilkan fotografer. Dan semuanya merepresentasikan bahwa Sumedang itu indah," tutur Febby, Jumat (13/11/2020).

Selain menetapkan 6 foto yang berhasil jadi juara pada dua kategori tersebut. Pihak panitia pun mengapresiasi sebanyak 14 foto favorit. Pemilihan foto favorit ini melibatkan Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga. "Jadi kami berikan kesempatan pada Bupati untuk memilih foto yang menjadi pilihannya untuk dijadikan foto favorit dalam ajang lomba ini," kata Febby.

Febby menyebutkan panitia lomba dalam hal ini Bidang Ekonomi Kreatif pada Disbudparpora akan memberikan hadiah pada para juara lomba. Antara lain, untuk juara antara lain, untuk kategori foto DLSR/mirrorles, juara 1 berhak mendapat hadiah Rp.10 juta +sertifikat, juara 2, Rp. 7 juta+ sertifikat dan juara 3, Rp. 4 juta +sertifikat.
Sedangkan untuk kategori foto drone, juara 1, Rp. 6 juta+sertifikat, juara 2, Rp. 4 juta + sertifikat dan juara 3, Rp. 2 juta + sertifikat.

Febby berharap dengan digelarnya lomba bisa mengeksplorasi tentang kayanya khasanah Sumedang. Baik bidang wisata, ekonomi kreatif serta seni dan budaya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)