SUMEDANGKAB.GO.ID,BAZNAS - BAZNas Sumedang sudah menyalurkan sebanyak Rp 629.951.1000 dalam upaya membantu Pemda Sumedang menanggulangi dampak Covid-19. Jumlah tersebut berasal dari donasi yang terkumpul sejak pandemi Covid-19.

Ketua BAZNas Sumedang, Ayi Subhan Hafas menuturkan, hingga Jumat (8/5/2020) malam, donasi yang terkumpul untuk penanggulangan wabah korona di Sumedang total sebesar Rp 783 626 755. Donasi tersebut datang dari berbagai pihak, seperti bupati,wabub, sekda, SKPD, pengusaha, partai politik, dan dermawan lainnya.n

"Sampai hari Jumat (8/5/2020) kemarin kami sudah salurkan Rp 600 juta lebih untuk penanganan dampak wabah virus korona di Sumedang. Ada yang datang langsung ke kantor, ada juga yang mengirim melalui nomor rekening BAZNas khusus Covid-19," kata Ayi, Sabtu (9/5/2020).

Selain uang, donasi yang datang juga berupa barang, dan makanan. Saat ini sudah terkumpul makanan ringan sebanyak 50 karton, sembako 40 paket, mi instan gelas 8 karton, pembersih lantai 2 karton, hand sanitizer 9 botol besar dan 54 boto kecil, serta masker kain 529 buah.

"Adapun penyalurannya kami gunakan diantaranya untuk penyediaan APD (alat pelindung diri) ke RSUD Sumedang, penyediaan tempat cuci tangan portabel di kawasan strategis, dan sebar sajadah masjid besar," ucapnya.

Kemudian, lanjut Ayi, pendistribusian hand sanitizer, penyemprotan disinfektan di tempat umum, pendistribusian masker ke warga yang terdampak langsung, hingga pendistribusian paket jampersal eknomi warga yang terdampak langsung wabah korona.

Ayi menuturkan, pihaknya masih menunggu dermawan lainnya yang ingin berdonasi untuk membantu masyarakat yang terkena dampak korona di Kabupaten Sumedang. ***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)