SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Akhir tahun nanti, Pemkab Sumedang akan menyiapkan 5.555 penari umbul dari 270 desa di Kabupaten Sumedang. Menurut Penanggung Jawab Tari Umbul Kolosal Edah Jubaedah, pihak panitia telah menempuh proses yang cukup panjang dalam penyiapan ribuan penari ini. Yaitu diawali dengan menyiapkan enam instruktur tari umbul yang memang sudah dikenal di Sumedang sebagai penari hebat.

“Prosesnya adalah panitia menyiapkan enam instruktur kabupaten, lalu mereka melatih 2 orang intruktur di setiap kecamatan, nah dua instruktur ini melatih ke semua desa di wilayahnya masing-masing dengan pengaturan masing-masing setiap kecamatannya sehingga didapatlah ada 5555 orang penari tari umbul dari 270 desa,” kata Edah, Kamis (19/12/2019).

Enam orang instruktur tersebut adalah Heti dari Sanggar Jamparing Parikesit, Ambu Karina dari Sanggar Maung Lugay, Anye Jihan dari Sanggar Sona Soni, Sri Dewi Andayani dari CIjambe-Paseh, Dede Pratiwi Satria Pinilih dari Warung Ketan Situraja, dan Eti Rohaeti dari Situraja.

“Enam orang ini sudah sangat ahli dalam tari, mereka lah yang bertugas memadukan gerakan tarian umbul dari yang semula sebagai tari tradisi menjadi tari kreasi,” kata Edah.

Edah menambahkan, sampai saat ini, proses latihan sudah sampai pada tahap laithan gabungan di setiap kecamatan. Nanti, mendekati tanggal yang ditentukan, yaitu 31 Desember 2019, akan diadakan tarian gabungan sekabupaten. ***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)