Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

KAREDOK - Pemerintah Desa Karedok Kecamatan Jatigede bakal menggelar Milangkala ke-122, dengan diisi berbagai rangkaian acara. Kepala Desa Karedok, Waluyo, menuturkan tahun ini acara milangkala digelar mulai 21 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024.

"Rangkaian acara dimulai tanggal 21 Desember, dengan pembuatan panggung untuk pagelaran seni budaya dan pameran hasil bumi. Itu melibatkan semua masyarakat Desa Karedok," kata Waluyo.

Selanjutnya, pada 22 Desember malam hari, akan ada tabligh akbar. Baru pada tanggal 23 Desember diisi dengan berbagai acara, yakni sunatan massal, dan ngagogo atau di Desa Karedok dikenal dengan istilah Marak.

"Di tanggal 23 Desember pagi mulai pemasangan gantungan hasil bumi. Setelah itu ada sunatan massal, dan siangnya ngagogo di Parakan Kondang," tuturnya.

Kemudian pada tanggal 24 Desember juga acara tidak kalah menarik, yakni ritual penyembelihan kerbau. Acara tersebut bakal dihadiri para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat. 

"Ritual penyembelihan kerbau yang kepalanya dikubur didepan kantor desa, merupakan acara inti Milangkala Desa Karedok.

Setelah proses penyembelihan kerbau, acara dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya hingga malam hari. Disela-sela pagelaran seni, juga digelar hajat Uar, dimana semua semua makan bersama alias botram hasil hasil pertani mereka.

"Setelan rangkaian acara-acara tersebut, tanggal 25 pembongkaran panggung acara, dan ditutup dengan laporan pertanggungjawaban pada 4 Januari 2024," imbuhnya.

Waluyo pun berharap peran serta masyarakat agar rangkaian acara Milangkala Desa Karedok berjalan lancar dan meriah.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)