SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Mau tau unsur erotis tari umbul? Ini lho penjelasan dari penari dan pemilik Sanggar Karina Maung Lugay, Ambu Karina. 

Menurut Ambu Karina, meski ia memang bukan pemilik langsung gerakan tari umbul dan pewaris tarian ini, namun dulu ia pernah melakukan tugas ilmiah tentang tarian rakyat ini. 
Jadi tari umbul memang erotis karena gerakannya. Gerakannya yang khas dan asli adalah oyag pare.
"Gerakan asli tari umbul adalah oyag pare yaitu pinggul dan pantat yang bergoyang memutar sambil posisi kedua kaki menekuk sedikit, nah inilah yang disebut erotis karena memang goyangannya itu yang terlihat vulgar," kata Ambu Karina, Kamis (26/12/2019).
Tapi, Ambu Karina menyebutkan agar jangan khawatir dengan erotis ini. Pasalnya, ia dan lima penari lainnya yang menjadi instruktur tari umbul kabupaten sudah mengubah tarian ini menjadi tari kreasi yang tidak ada unsur erotis. Instruktur mengubah oyag pare ini menjadi hanya bergoyang kanan kiri saja, tanpa memutar pinggul. Sedangkan gerakan tangan tetap pada gerakan asli.
"Kami sudah berdiskusi dengan semua penari termasuk penari yang langsung mewarisi tarian ini agar dihilangkan unsur erotis tarian ini, jadilah sekarang tari umbul ini dinikmati sebagai sajian atau penampilan kreasi hiburan," kata Ambu.
Pengubahan gerakan tarian ini sudah dilakukan sejak tari umbul diperkenalkan ke publik. Bahkan ketika pembukaan event paragliding kemarin, tarian umbul ini sudah hilang keerotisannya.
Ambu menambahkan, sejauh ini penari dan pelaku seni budaya lain tidak keberatan dengan pengubahan ini karena memang seni harus disesuaikan dengan zamannya agar lebih awet dan diterima semua kalangan.****(mth)

(penerbit: sumedangkab.go.id)