SUMEDANGKAB.GO.ID. CONGGEANG,-Pemerintah Desa Conggeang Kulon mewujudkan komitmennya untuk berinovasi membangun wilayahnya dan meningkatkan kesejahteraan warganya. Komitmen inovasi tersebut adalah teralisasinya penganggaran Dana Desa sebesar Rp. 88 juta untuk penataan dan pengembangan mata air di Cipatat, Desa Conggeang Kulon, Kecamatan Conggeang.
"Kami memang berkomitmen untuk memajukan desa denan cara menambah penghasilan asli desa untuk kesejahteraan warga, yaitu menata mata air yang ada untuk kawasan wisata," kata  Sekdes Conggeang Kulon Saepudin SE, Rabu (12/2/2020).
Mata air Cipatat ini sudah sering dimanfaatkan untuk tempat wisata lokal. Airnya yang jernih serta suasana yang asri menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung yang datang. Akses menuju lokasi mata air Cipatat pun sangat mudah untuk dicapai.
"Selain mampu mengairi areal pesawahan yang berada di hilirnya, mata air ini juga sering dijadikan objek wisata bagi beberapa pengunjung lokal maupun dari luar daerah," kata Saepudin.
Mata air Cipatat ini mempunyai lahan seluas kurang lebih 20 bata dengan debit air yang cukup besar.
"Kami tata dan bangun kembali mata air Cipatat untuk dimanfaatkan sebaik mungkin. Agar menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan pengunjung," ujar Saepudin.
Dia berharap pembangunan mata air Cipatat, kedepannya bisa meningkatkan penghasilan desa. Dan, dengan meningkatnya pengunjung juga akan mampu meningkatkan perekonomian warga sekitarnya.
"Pengelolaannya sendiri akan diserahkan kepada Bumdes," ucapnya.
Dikatakan, penataan mata air Cipatat yang dilakukan diantaranya berupa pembangunan mushola, pembuatan bak pembagi air dan pembangunan ruangan Bumdes untuk isi ulang galon. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)