SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan meninjau alat pengolahan sampah modern di TPS Bumdes Maju Sauyunan,  di Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, Selasa (06/10/2020).
Pemerintah Desa Hegarmanah bersama Bumdes Maju Sauyunan membuat inovasi mesin teknologi pengolahan Sampah (insenerator) yang berhasil mengubah sampah menjadi berbagai jenis kompos.
"Penanganan dan pengolahan sampah yang dilakukan Bumbes ini terbilang sangat menarik karena dibantu dengan mesin insenerator mengubah sambah menjadi berbagai pupuk kompos," katanya.
Erwan juga menyampaikan rencana pemda dalam penganggaran unit pemusnah sampah yang nantinya akan ditempatkan di desa secara bertahan dan dikelola oleh dinas terkait.  
"Rencananya Pemda akan menganggarkan beberapa unit alat pemusnah sampah yang nantinya akan ditempatkan di desa secara bertahap dan dikelola oleh dinas terkait. Saya berharap alat insenerator ini dapat dikembangkan, terutama kekurangannya diperbaiki, dilengkapi dan disempurnakan seperti asap pembakaran agar tidak merusak alam," tambahnya.*** (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)